Pontesial Berternak Kodok Sangat Menjanjikan Untuk Pasar Asia

MM2

K1

Kab Muara Enim Cocok Untuk Pengembangan tambak Kodok karena daerah Luas : 9.575 km2 dan mata pencarian sebgaian besar petani karet dan kelapa apa lagi harga karet menurun juga kelapa sawit menurun akibat dampak krisis global melanda negara Amerika dampak ke negara asia termasuk Indonesia sehingga menyebabkan harga karet menurun dari harga Rp 15000 per-kg menurun Rp 6000 per-kg yang paling menyedikan harga kelapa Rp 500 per-kg untuk menawar untuk berternak kodok yang harga stabil karena pemintahan daging kodok mangalami peningkatan setiap tahun, saya melihat Kab Muara enim cocok untuk Budidaya Kodok di daerah Muara Enim banyak sungai mengalir disana banyak liar yang sering tangkap untuk dijual dengan harga Rp 15000 per-kg ,dengan harga tinggi maka tidak di budidaya saja apa lagi pemeritah setempat bisa memberi dana pinjaman untuk budidaya kodok.pangsa dalam negeri luar negeri singapura ,malaysia indocina dan eropa ameriaka peluang usah ini sangat menjanjikan tetapi semua pihak mendukung terutama pemerintah daerah untuk menbuka kesempatan kerja.

SEJARAH SINGKAT
Budidaya kodok telah dilakukan di beberapa negara, baik negara beriklim panas maupun beriklim 4 musim. Tercatat negara-negara Eropa yang telah membudidayakan kodok antara lain : Prancis, Belanda, Belgia, Albania,
Rumania, Jerman Barat, Inggris, Denmark dan Yunani, Amerika Serikat dan Meksiko. Sedangkan di Asia, Cina, Bangladesh, Indonesia, Turki, India dan Hongkong yang telah membudidayakan kodok.

Sejarah kodok tidak diketahui asalnya, karena hampir ditemukan di manamana, karena kemampuannya untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitarnya. Kodok yang banyak dibudidayakan di Indonesia (Rana catesbeiana ) berasal dari Taiwan, kendati kodok itu semula berasal dari Amerika Selatan.

SENTRA PETERNAKAN
Mulanya uji coba budidaya kodok dilakukan di Klaten (Balai bibit ikan), yang kemudian meluas ke Jawa tengah. Di Jawa Barat pembudidayaannkodok banyak ditemui di daerah pesisir Utara, disamping membudidayakan kodok masyarakat pesisir Utara juga menangkap dari alam. Kemudian di Sumatera Barat dan Bali juga merupakan sentra pembudidayaan kodok.
J E N I S

Kodok tergolong dalam ordo Anura, yaitu golongan amfibi tanpa ekor. Pada ordo Anura terdapat lebih dari 250 genus yang terdiri dari 2600 spesies.

Terdapat 4 jenis kodok asli Indonesia yang di konsumsi oleh masyarakat kita yaitu:

1) Rana Macrodon (kodok hijau), yang berwarna hijau dan dihiasi totol-totol coklat kehijauan dan tumbuh mencapai 15 cm.
2) Rana Cancrivora (kodok sawah ), hidup di sawah-sawah dan badannya dapat mencapai 10 cm, badan berbercak coklat dibadannya.
3) Rana Limnocharis (kodok rawa), mempunyai daging yang rasanya paling enak, ukurannya hanya 8 cm.
4) Rana Musholini (kodok batu/raksasa). Hanya terdapat di Sumatera, terutama Sumatera Barat. mencapai berat 1.5 kg. Dan panjang mencapai 22 cm.

MANFAAT

Daging kodok adalah sumber protein hewani yang tinggi kandungan gizinya. Limbah kodok yang tidak dipakai sebagai bahan makanan manusia dapat dipakai untuk ransum binatang ternak, seperti itik dan ayam. Kulit kodok yang telah terlepas dari badannya bisa diproses menjadi kerupuk kulit kodok. Kepala kodok yang sudah terpisah dapat diambil kelenjar hipofisanya dan dimanfaatkan untuk merangsang kodok dalam pembuahan buatan. Daging kodok dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.
PERSYARATAN LOKASI
1) Ketinggian lokasi yang ideal untuk budidaya kodok adalah 1600 dpl.
2) Tanah tidak terlalu miring namun dan tidak terlalu datar, kemiringan ideal 1- 5%, artinya dalam jarak 100 m jarak kemiringan antara ujung-ujungnya 1-5 m.
3) Air yang jernih atau sedikit tercampur lumpur tersedia sepanjang masa. Air yang jernih akan memperlancar proses penetasan telur.
4) Kodok bisa hidup di air yang bersuhu 2–35 drajat C. Suhu saat penetasan telur ialah anata 24–27 derajat C, dengan kelembaban 60–65%.
5) Air mengandung oksigen sekitar 5-6 ppm, atau minimum 3 ppm. Karbondioksida terlarut tidak lebih dari 25 ppm.
6) Dekat dengan sumber air dan diusahakan air bisa masuk dan keluar dengan lancar dan bebas dari kekeringan dan kebanjiran.

HAMA DAN PENYAKIT

7.1. Penyakit, Hama dan Penyebabnya
Penyakit kodok umumnya disebabkan oleh serangan jamur dan bakteri. Paha kaki berwarna merah, luka dan kulit melepuh adalah penyakit yang menyerang kodok yang berumur 1-2 bulan, menular dan menyerang sistem saraf, sehingga akan mati dalam beberapa jam.
7.2. Pencegahan Serangan Penyakit dan Hama
Bakteri bisa menyerang kecebong, gejalanya ekor luka dan berwarna putih. Penanggulangannya dengan memisahkan kecebong yang terserang, kolam dibersihkan dengan PK, dosis 0,05 gram/ liter 15 hari sekali, jangan memberikan makanan yang kandungan proteinnya melebihi dosis 10–15% karena perut kodok akan menjadi kembung. Pengobatan dengan antibiotika streptomisin/tetrasiklin, obat luar dengan penggunaan betadine, atau direndam dalam NaCl 0,15 gram/liter air selama 30 menit, diulang sampai 4 kali.
7.3. Pemberian Vaksinasi dan Obat
Pengobatan kaki merah dan bisul pada kodok, dengan memandikan kodok dalam larutan Nifurene 50–100 gram/m2 air, atau dengan suntikan teramisin 25 mg/kg, atau streptomycin 20 mg/kg berat kodok. Penyakit dubur keluar diobati dengan cara pisahkan dan istirahatkan 2–3 hari dan tidak diberi makan. Penyakit lainnya adalah dubur keluar (ambaien) pada percil (kodok muda). Untuk mengatasinya, populasi tidak boleh terlalu padat dan kolam harus bersih dan pemberian kadar kalori dalam makanan tidak boleh melebihi dosis 3400 cl/kg makanan.
P A N E N
8.1. Hasil Utama
Hasil utama yang dihasilkan adalah dagingnya
8.2. Hasil Tambahan
Sedangkan hasil tambahan yang dapat diperoleh adalah dengan mengolah limbah hasil pemotongan untuk dijadikan silase; dengan penambahan propionat dan asam formiat dengan jalan digiling bersama sama maka makanan untuk ternak ini tahan hingga 2 bulan pada suhu sedang. Hasil sampingan lainnya adalah dengan dijadikan tepung, dimana kandungan mineral dan proteinnya masih cukup tinggi untuk dijadikan bahan tambahan pakan ternak. Kodok yang tidak dijual/afkir dapat diambil hiphofisanya untuk proses pemijahan berikutnya.
8.3. Penangkapan
Sebelum disiangi, biasanya kodok-kodok tersebut ditempatkan pada penampungan. Tempat penampungan kodok bisa berupa kotak kayu atau bak semen yang drainasenya lancar.

PASCA PANEN

Proses penanganan pasca panen juga sangatlah mudah. Untuk menjaga agar kodok tetap hidup dan segar, maka kita bisa menggunakan karung goni atau tas kain yang dibasahi. Pengangkutan paling aman dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Apabila pengangkutan dilakukan untuk jarak jauh maka perlu dibuatkan kotak kayu yang didesain secara khusus, dan kapasitasnya disesuaikan dengan besarnya kotak kayu tersebut.

16 thoughts on “Pontesial Berternak Kodok Sangat Menjanjikan Untuk Pasar Asia

  1. Hello from Ministry of Fraudulently Affairs! My nickname is BlackSunEmpire, , admin – sorry if I post topic in incorrect section

    infraud forum hot topics at today

    http://infraud.su/showthread.php?401-BT32-Bluetooth-Wireless-Portable-Magnetic-Stripe-Reader
    http://infraud.su/showthread.php?403-How-to-sucessfully-card-western-Union
    http://infraud.su/showthread.php?404-zeus1.3.2.1panel-1.3.1.1build
    http://infraud.su/showthread.php?398-looking-for-BIN-s-that-dont-do-chargebacks
    http://infraud.su/showthread.php?444-underground-community-carders-How-to-use-SIMP
    http://infraud.su/showthread.php?440-https-www.spicevpn.com-VPN-amp-Socks-service
    http://infraud.su/showthread.php?461-infrd-forum-Clicking-bot
    http://infraud.su/showthread.php?411-infrad-forum-usa-tr1-2-plus-cvv2-vendor-needed….
    http://infraud.su/showthread.php?456-stx-VPN-service-icq-355255041
    http://infraud.su/showthread.php?447-NDC-system.-Icq-traffic-encoding-crypto-mail.-Carder-s-ICQ-client.
    http://infraud.su/showthread.php?417-how-to-use-TOR-with-privoxy-for-beginners
    http://infraud.su/showthread.php?399-infrad-forum-need-Skimming-Mold
    http://infraud.su/showthread.php?301-infrad-forum-Poker-carding-manual
    http://infraud.su/showthread.php?346-cvv-supplier-Icq-2599999-moviestar-service-best-usa-on-the-market
    http://infraud.su/showthread.php?332-atm-skimmer-supplier-how-look-like-ATM-with-Skimmer-and-Cam
    http://infraud.su/showthread.php?352-underground-forum-Cheat-at-online-poker
    http://infraud.su/showthread.php?439-Mail-spam-for-first-former.-learn-how-to-made-quality-spam-in-small-quantities
    http://infraud.su/showthread.php?302-infrad-forum-True-story-about-casinos
    http://infraud.su/showthread.php?343-New!!!-100-automatic-icq-modul-573333-(1-500-000-cvv2)-eu-us-mix
    http://infraud.su/showthread.php?458-INFRAUD-NETWORK-Skimming-in-EU-gets-harder!

    PS- underground seller , fake passport sale , buy dumps, dumps supplier , carding forum,

  2. kami peternakan kodok bullfrog di kediri jawa timur,
    sedia bibit,indukan,dan kodok k0nsumsi
    (harga nego)
    yang berminat hubungi di 085790212167

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s